Perbedaan Cuesta dan Hogback

Sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga semua yang membaca artikel saya dalam keadaan sehat. #aamiin. Kali ini saya akan membahas materi geografi pada bab Geomorfologi, lebih spesifik lagi yaitu Bentang alam asal proses struktural. Yang akan saya bahas pada postingan ini tidak semua bentang alam struktural. Melainkan hanya mengenai salah dua hasil bentang alam struktural yaitu Cuesta dan Hogback. 

Untuk menjadi pengantar materi ini sobat perlu tahu, apa itu bentang alam strukutural?

Pengertian Bentang Alam Struktural

Bentang Alam yang pembentukannya dikontrol oleh struktur geologi daerah yang bersangkutan. Struktur geologi yang paling berpengaruh terhadap pembentukan morfologi adalah struktur geologi sekunder, yaitu struktur yang terbentuk setelah batuan itu ada.

Baik, setelah kita mengetahui pengertian bentang alam struktural. Selanjutnya kita akan mempelajari hasil bentuk lahan asal proses strukutral. 

Sebenarnya Hasil Bentang Alam Struktural bisa dibagi kedalam 4 golongan, yaitu:
  • Bentang Alam dengan struktur Mendatar
  • Bentang Alam dengan struktur Miring
  • Bentang Alam dengan struktur Lipatan
  • Bentang Alam dengan struktur Patahan


Nah yang akan kita bahas pada posting ini adalah bentang alam dengan struktur miring, yaitu: Cuesta dan Hogback
Perbedaaan Cuesta dan Hogback

Perbedaan Cuesta dan Hogback

Cuesta : Bentuklahan struktural dengan kemiringan antara kedua sisi lerengnya tidak simetri dengan sudut lereng yang searah perlapisan batuan kurang dari 30 derajat (Tjia, 1987).
Cuesta
Cuesta

Hogback : Sudut antara kedua sisinya relatif sama, dengan sudut lereng yang searah perlapisan batuan lebih dari 30 derajat (Tjia, 1987). Hogback memiliki kelerengan scarp slope dan dip slope yang hampir sama sehingga terlihat simetri.
Hogback
Hogback


Sekian, semoga bermanfaat.