Mengenal Mars - Si Planet Merah

Mars biasa diberi julukan  sebagai planet merah. Nama Mars diambil dari nama dewa perang Romawi. Di antara planet lainnya dalam tata surya kita, mungkin Mars adalah satu-satunya planet yang memungkinkan untuk ditinggali selain bumi. Mars termasuk planet kecil, dengan diameter yang hanya seperempat di diameter Bumi. Secara data diameter Mars sepanjang 6.779 km. Jarak rata-rata dari matahari sejauh 226.000.000 km. Mars berputar pada porosnya selama 24 jam 37 menit untuk sekali putaran, dan membutuhkan waktu 687 hari untuk megelilingi orbitnya mengitari matahari. Mars memiliki satelit alami berjumlah dua, yaitu Phobos dan Deimos. 

Mengenal Mars - Si Planet Merah
http://i.space.com/images/i/000/026/598/i02/inspiration-mars-red-planet.jpg?1361991199

Meski ditengarai dapat dijadikan tempat huni manusia, masih sangat kecil kemungkinan untuk bertahan hidup secara ideal sebab atmosfer Mars sangatlah tipis dan gas penyusun utamanya berupa gas karbondioksida yang pekat. Selain itu Mars juga jauh lebih dingin dibanding Bumi.

Penampakan Mars 


Bagian tertinggi dari Mars berada di daerah yang dikenal sebagai Tharsis. Di daerah tersebut terdapat empat gunung terbesar seantero tata surya, yang terbesar disebut Olympus Mount. Pegunungan ini menjulang setinggi 25 km atau tiga kali lipat Gunung Everest. Kemudian pada bagian permukaan Mars yang lain, ditemukanlah keberadaan ngarai raksasa yang dinamakan Valles Marineris atau lembah Mariner. Ngarai ini memiliki kedalaman 6 km dengan lebar mencapai 400 km.

Wahana pengintai anatariksa mengungkapkan bahwa Mars memiliki keistimewaan yang juga dimiliki oleh Bumi yaitu air. Dari hasil pengintaian tersebut terbitlah gambar-gambar awan es dan air yang menggantung di sekitar pegunungan Mars dan mengisi ngarai-ngarai Planet. Mereka juga menemukan bahwa es biasa dan es kering (karbondioksida yang membeku) merupakan bagian dari tudung es.

Gagasan Tentang Mars


Gagasan tentang Mars pertama kali diungkapkan oleh astronom Italia bernama Giovanni Schiaparelli. Ia menyatakan bahwa telah melihat penampakan "canali" di Mars. Canali yang dimaksud adalah "channels" atau saluran air. Seringkali kata tersebut disalah artikan sebagai "canals" yaitu saluran air buatan yang dibangun oleh makhluk Mars. 

Para Astronom juga mengamati secara seksama suatu "daerah gelap" yang ditengarai sebagai suatu daerah panenan atau pertanian.




Daftar Pustaka : Ranuwijaya, Ramon . 2011 . Pengetahuan Populer Dunia . Yogyakarta : Grafindo Litera Media.