5 Trik Sederhana untuk Mempertajam Ingatan agar Tahan Lama

Menggunakan teknik meningkatkan memori ini dapat membantu meningkatkan kemampuan Anda untuk mempelajari informasi baru dan mempertahankannya dari waktu ke waktu.

1. Ulangi

Salah satu cara terbaik dalam mempertajam pikiran adalah ulangi, ulangi, dan ulangi. Otak juga menanggapi hal-hal baru sehingga mengulangi sesuatu dengan cara yang berbeda atau pada waktu yang berbeda akan membuat sebagian dari efek baru dan memungkinkan Anda untuk membangun kenangan kuat. Contoh menggunakan kepuasan meliputi:

Mengambil catatan.
Mengulang nama setelah Anda mendengarnya untuk pertama kalinya.
Mengulangi atau parafrase apa yang seseorang katakan kepada anda.

2. Mengatur

Sebuah rencana harian atau kalender ponsel pintar dapat membantu anda melacak janji dan kegiatan dan juga dapat berfungsi sebagai jurnal di mana anda menulis apa pun yang anda ingin ingat. Menuliskan dan mengorganisir informasi memperkuat belajar.

Cobalah mencatat percakapan, pikiran dan pengalaman.
Tinjau daftar saat ini dan hari sebelumnya saat sarapan dan makan malam.
Jika Anda menggunakan perencana dan bukan ponsel pintar, simpan di tempat yang sama di rumah dan anda ambil setiap kali anda akan meninggalkan.

3. Visualisasikan

Mengenali wajah dan nama seseorang adalah tugas yang sangat sulit bagi kebanyakan orang. Selain mengulangi nama seseorang, anda juga dapat mengasosiasikan nama dengan gambar. Visualisasi memperkuat hubungan Anda membuat antara wajah dan nama. Sebagai contoh:

Menghubungkan nama Sandy dengan gambar pantai, dan bayangkan Sandy di pantai.

4. Memberi Cue ( Isyarat / Tanda )

Ketika Anda mengalami kesulitan mengingat kata atau fakta tertentu, Anda dapat mengisyaratkan sendiri dengan memberikan rincian terkait atau berbicara sekitar kata, nama, atau fakta tersebut. Cara praktis lain untuk mengisyaratkan itu meliputi:

Menggunakan alarm atau timer dapur untuk mengingatkan Anda tentang tugas atau janji.
Menempatkan objek yang terkait dengan tugas yang harus Anda lakukan di tempat yang menonjol di rumah. Sebagai contoh, jika Anda ingin memesan tiket untuk bermain, meninggalkan iklan surat kabar untuk bermain di dekat telepon atau komputer.

5. Mengelompokkan

Ketika Anda mencoba untuk mengingat daftar item yang panjang,  agar lebih mudah maka kelompokkan item dalam set 3-5, seperti yang anda lakukan untuk mengingat nomor telepon. Strategi ini mengkapitalisasi pada organisasi dan membangun asosiasi, dan membantu untuk memperluas kapasitas memori jangka pendek kita dengan chunking informasi bersama bukannya mencoba mengingat setiap potongan informasi secara mandiri. Sebagai contoh:

Jika Anda memiliki daftar 15 hal dalam daftar belanjaan Anda, Anda dapat mengelompokkan item berdasarkan kategori, seperti makanan bayi, makanan kaleng, dan perlengkapan dapur.

Selamat Mencoba. Jangan lupa tinggalkan komentar