Tips Meningkatkan Daya Ingat Otak Anda ( Alami )

Cara dan tips meningkatkan daya ingat otak serta mempertajam pikiran.

Tips Meningkatkan Daya Ingat Otak Anda
Daya Ingat yang kuat bergantung pada kesehatan anda dan vitalitas otak anda. Seringkali kita membutuhkan daya ingat yang kuat untuk dapat melakukan sesuatu dengan baik. Apalagi bagi anda yang masih berstatus sebagai pelajar, daya ingat menjadi kemampuan yang penting dan sangat sering digunakan dalam proses belajar dan kehidupan. Ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat dan mempertajam pikiran.

Tips Meningkatkan Daya Ingat #1 : Banyak Berolahraga dan Cukup Tidur

Tingkatkan kebiasaan berolahraga anda seperti jogging secara rutin, hal ini mampu meningkatkan daya ingat kita secara alami.

Ketika anda berolahraga, anda juga melatih otak

Latihan fisik dapat meningkatkan aliran oksigen ke otak dan mengurangi resiko gangguan yang menyebabkan hilangnya memori. Dengan olahraga kita juga dapat melindungi sel-sel otak.

Otak bukan mesin, perlu diistirahatkan

Bila Anda kurang tidur, otak Anda tidak dapat beroperasi pada kapasitas penuh. Kreativitas, kemampuan pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis dikompromikan. Apakah Anda sedang belajar, bekerja, atau mencoba untuk menyulap banyak tuntutan hidup, kurang tidur adalah resep untuk bencana.Penelitian menunjukkan bahwa tidur diperlukan untuk konsolidasi memori. Menurut website klikdokter.com tidur yang baik lamanya sekitar 7 jam perhari. 

Tips Meningkatkan Daya Ingat #2 : Luangkan Waktu  Untuk Teman-Teman dan Bersenang-senang

Ketika Anda memikirkan cara-cara untuk meningkatkan daya ingat, anda berpikir tentang "keseriusan" kegiatan seperti gulat dengan teka-teki silang atau menguasai strategi catur dan sebagainya. Jika demikian, anda seperti kebanyakan dari kita, itu mungkin yang pertama. Tapi tak terhitung studi menunjukkan bahwa kehidupan yang penuh dengan teman-teman dan menyenangkan dilengkapi dengan manfaat kognitif.

Hubungan yang sehat: efektif meningkatkan daya ingat?

Penelitian menunjukkan bahwa memiliki hubungan yang bermakna dan sistem dukungan yang kuat sangat penting tidak hanya untuk kesehatan emosional, tetapi juga untuk kesehatan otak. Dalam sebuah penelitian terbaru dari Harvard School of Public Health, misalnya, para peneliti menemukan bahwa orang dengan kehidupan sosial yang paling aktif memiliki tingkat paling lambat penurunan daya ingatnya.

Tertawa itu baik untuk otak Anda

Anda pernah mendengar bahwa tertawa adalah obat terbaik, dan itu berlaku untuk otak dan memori serta tubuh. Tidak seperti respon emosional, yang terbatas pada daerah tertentu dari otak, tawa terlibat beberapa daerah di seluruh otak.

Selanjutnya, mendengarkan lelucon dan bekerja keluar jalur pukulan mengaktifkan area otak yang penting untuk pembelajaran dan kreativitas. Sebagai psikolog Daniel Goleman mencatat dalam bukunya Emotional Intelligence, "tawa ... tampaknya untuk membantu orang berpikir lebih luas dan asosiasi lebih bebas."

Tips Meningkatkan Daya Ingat #3 : Jaga diri dari Stres

Stres adalah salah satu musuh terburuk otak. Seiring waktu, jika dibiarkan, stres kronis menghancurkan sel-sel otak dan merusak hippocampus, wilayah otak yang terlibat dalam pembentukan kenangan baru dan pengambilan yang lama.

Penghilang stres, meditasi

Bukti ilmiah untuk manfaat kesehatan mental meditasi terus menumpuk. Studi menunjukkan bahwa meditasi membantu meningkatkan berbagai jenis kondisi, termasuk depresi, kecemasan, sakit kronis, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Meditasi juga bisa meningkatkan fokus, konsentrasi, kreativitas, memori, dan pembelajaran dan keterampilan penalaran.

Tips Meningkatkan Daya Ingat #4 : Makan Makanan Peningkat Daya Ingat

Sama seperti tubuh membutuhkan bahan bakar, begitu juga otak. Tips gizi berikut ini akan membantu meningkatkan kemampuan otak dan mengurangi risiko demensia:

Dapatkan omega-3 Anda. Semakin banyak bukti menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 yang sangat bermanfaat bagi kesehatan otak. Ikan merupakan sumber yang sangat kaya omega-3, khususnya ikan yang hidup di air dingin seperti salmon, tuna, halibut, trout, mackerel, sarden, dan ikan haring. Selain meningkatkan kekuatan otak, makan ikan juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer. Jika Anda bukan penggemar makanan laut, mempertimbangkan sumber-sumber non-ikan omega-3 seperti kenari, biji rami tanah, minyak biji rami, labu musim dingin, ginjal dan pinto kacang, bayam, brokoli, biji labu, dan kedelai.

Batasi kalori dan lemak jenuh. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi berlebihan terhadap lemak jenuh (dari sumber seperti daging merah, susu, mentega, keju, krim, dan es krim) meningkatkan risiko demensia dan merusak konsentrasi dan memori. Makan terlalu banyak kalori di kemudian hari juga dapat meningkatkan risiko kerusakan kognitif. Bicaralah dengan dokter atau ahli gizi tentang mengembangkan rencana makan yang sehat.

Makan lebih banyak buah dan sayuran. Buah dan sayur banyak menghasilkan antioksidan, zat yang melindungi sel-sel otak anda dari kerusakan. Buah-buahan dan sayuran berwarna sangat baik sebagai sumber antioksidan. Cobalah sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, selada romaine, lobak, dan Rocket, dan buah-buahan seperti pisang, aprikot, mangga, melon, dan semangka.

Minum teh hijau. Teh hijau mengandung polifenol, antioksidan kuat yang melindungi terhadap 
radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak. Di antara banyak manfaat lainnya, konsumsi rutin teh hijau dapat meningkatkan memori dan kewaspadaan mental dan penuaan otak secara lambat.

Lanjutkan bacanya Tips Menghafal Mudah dengan Metode Mnemonik dan 5 Trik Sederhana untuk Mempertajam Kemampuan Berpikir dan Daya Ingat